MATERI HARI KE 1

APA KELEBIHAN INSTAGRAM DIBANDING SOSIAL MEDIA YANG LAIN?

Sebelum kita mulai bahas tentang optimasi Instagram untuk bisnis.
Tidak ada salahnya kalo kita bahas sedikit kenapa Instagram bisa jadi media jualan buat bisnis online kita, dan apa kelebihannya dari Social media yang lain.

Seperti yang mungkin kita semua sudah tau,
Bahwa Instagram adalah salah satu sosial media yang mengandalkan kekuatan foto.

Dimana tanpa perlu kita nulis panjang lebar tentang informasi yang kita sampaikan, cukup dengan gambar yang menarik, gambar yang informatif, tetapi pesan dan maksud dari gambar tersebut bisa kita baca dan faham maksudnya.

Karena kekuatan foto tersebut, kemudian Instagram banyak dimanfaatkan oleh para online shop sebagai lahan bisnisnya.

Bahkan kalau di analogikan,
Instagram itu ibarat kota Jakarta, yang PADAT PENDUDUKNYA, sehingga orang berlomba lomba pergi ke Jakarta untuk menjalankan bisnisnya.

Penduduk = Target Market

Kebayang kan, kalo banyak target marketnya di Instagram ? 😁,
Lalu bagaimana mengolahnya supaya penduduk tersebut bisa jadi target market kita?

Nah ini yang perlu kita tau caranya.
Banyak yang sudah tau dan kenal sama IG bahkan sudah menggunakan IG
Tapi tidak banyak yang tau, bagaimana mengelola IG sehingga menjadi media jualan yang optimal.

MENGENAL BEBERAPA APLIKASI DI INSTAGRAM

Tak kenal maka tak closing,
Istilah ini berlaku juga untuk Instagram.
Tak banyak tau tentang aplikasi pendukung buat IG, maka peluang buat bisa closing juga kecil 😁.

Aplikasi Utama

Yang pasti kita terlebih dahulu harus download Aplikasi Instagramnya di App Store.

Satu aplikasi utama IG, bisa di pake untuk maksimal 5 akun IG, tanpa harus log in-log out. Semua IG bisa online berbarengan.
Seperti contoh gambar di bawah ini :

Aplikasi pendukung

Ada banyak aplikasi yang bisa kita pake untuk memaksimalkan penggunaan IG nya. Namun kita bisa menyesuaikan aplikasi apa aja yang lebih penting untuk kita pake (sesuaikan dengan kebutuhan). Karena kalo banyak pake aplikasi, bisa jadi memori Hp nya ga cukup 😁.

Kalo saya sendiri biasa menggunakan beberapa aplikasi ini :

1. Insta Saver

Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan save/download gambar yang ada di IG orang lain dan lalu di repost ke IG kita.
Misal mau repost foto testimony yang ada di IG custemer kita. Tinggal repost tanpa repot screenshoot.
Atau buat yang reseller, bisa langsung save gambar dari IG nya Suplier.

2. Insta Grid

Apabila kita mau buat satu gambar, dipecah jadi beberapa kolom. Dengan tujuan untuk membuat penataan IG terlihat lebih menarik, atau bikin pembatas misalnya.

3. Photo Grid

Gambar yang bisa muncul di Instagram harus berbentuk square / kotak dengan perbandingan 1:1. Nah..supaya gambar tidak terpotong, sebaiknya di setting dulu dengan menggunakan aplikasi photo grid tersebut.

4. Snapseed

Ini adalah aplikasi edit foto,
Untuk membuat background foto menjadi clear dan bright.

5. Blend Collage

Ini juga aplikasi edit foto,
Bisa untuk membuat tulisan dengan background polos putih.
Atau bisa juga untuk menyatukan gambar dalam satu frame,dengan penyususan bebas ( bukan di kotak kotak seperti kita menggunakan instagrid).

6. Gramcaster

Poin ini yang lagi banyak digandrungi Pengguna Instagram.
Baik Instagram untuk jualan/bisnis ataupun Instagram pribadi.

Gramcaster ini bukan aplikasi yang bisa di download,tapi berupa tools/alat yang mendukung aktifitas optimasi Instagram kita secara otomatis.
Misal : auto follow , auto unfollow, auto like ,auto comment ,schedule post dll.
(Akan tetapi Khusus untuk Gramcaster ini adl tools yang berbayar).

Dan untuk aplikasi apliaksi ini, temen temen bisa cari dan sesuaikan dengan kebutuhan masing masing yah.

Saya hanya menyampaikan 5 aplikasi penting diatas yang saya download, karena 5 itulah yang punya peran penting dalam mengoptimasi Instagram saya ditambah satu tool Gramcaster 😊.

MEMPERSIAPKAN AKUN JUALAN

Berapa banyak akun yang harus dibuat ?

Dalam mempersiapkan Akun IG buat jualan, tidak perlu membuat banyak akun untuk produk yang sama.

Tapi jika kita menjual banyak produk yang bervariasi ,misal jual baju ,tas dan sepatu.

Ada baiknya masing masing produk tersebut dibuat dalam akun yang berbeda.

Satu akun husus dan fokus uplod jualan baju.
Satu akun husus dan fokus uplod jualan sepatu.
Satu lagi husus dan fokus uplod jualan tas.

Kenapa harus berbeda?
Tujuannya supaya fokus.
Dan akun kita akan terlihat lebih profesional dibanding kalo akun yang kita buat terkesan alamugada.
Bisa difahami yah? 😊

Persiapkanlah akun jualan yang bener bener mau kita buat sesuai dengan produknya yang kita jual.

Buat gambaran bisa lihat beberapa akun berikut ini :

@vanillahijab : Fokus untuk produk hijab

@vanillaforclothing : Fokus untuk produk pakaian

@vanillaforfashion : Fokus untuk produk tas

1 OWNER

@zonaonfashion : Fokus untuk baju fashion

@zona_hijab_syari : Fokus untuk baju/hijab syar'i

@craftid_byzona : Fokus untuk craft / kerajinan

Dari masing masing ketiga akun diatas ini, ownernya sama.
Dia menjual beberapa jenis produk, dan dibuat dalam akun yang berbeda.

Tapi kalo untuk pemula,
Disarankan untuk fokus pada satu akun dulu, dan optimalkan dengan maksimal 😊.

Apa saja yang harus disiapkan untuk membuat akun jualan?

Hal hal penting ini harus kita persiapkan buat akun IG kita :

- Download aplikasi IG dari APP Store/ Google Play Store.

- Siapkan nama akun IG (Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya)

- Username
👉Hal yang harus kita siapkan untuk memudahkan orang menemukan akun kita dengan kata kunci/ username yang dicarinya. (Detailnya nanti kita bahas di poin berikutnya)

- Email
👉Yang akan kita pake untuk mengakses login atau register di IG nya,meski sekarang untuk register bisa hanya dengan menggunakan no telepon.
Tapi menggunakan email jauh lebih baik,
Karena apabila kita akan membuka beberapa akun IG. Bisa dengan menggunakan beberapa email, meski dalam satu hp.

- No Telepon 
👉 Disarankan yang memiliki akses chat WA.

- Nama Line /Line@
👉Umumnya pengguna IG menggunakan Line. Dan tidak sedikit yang chat order melalui line (meski tidak wajib, karena sudah mencantumkan no WA).

-Minimal 150 foto produk pertama yang menarik.
👉Kenapa harus 150 foto pertama yang harus disiapkan?
Nanti kita akan bahas di sesi berikutnya 😊

MENENTUKAN NAMA AKUN & USERNAME

Nama Akun

Siapkan nama buat akun Instagram dengan nama yang :
A. Mudah diucapkan, Mudah diingat, Mudah di tuliskan .
B. Selipkan kata yang mewakili produk yang kita jual.

Misalnya:
Kita menjual baju baju fashion tapi bisa juga baju tersebut di pakai oleh orang berhijab.

Nama tokonya : "Hijab Fashion"
Coba kita searching dengan nama hijab fashion.

Akan muncul seperti gambar berikut :

Dan ZoNa onFashion ada dalam urutan no 2 ☝
Nama akun : Hijab Fashion
Username. : @zonaonfashion

Atau misal kita menjual produk suatu brand, yang sudah punya nama.

Bisa juga username kita menyelipkan nama brandnya, misalnya "Gamis syari brand X",

Intinya sesuaikan dengan apa yang akan kita jual atau apa yang akan kita branding.

Username

Hampir semua sosial media menggunakan "username", termasuk juga di Instagram.

Username ini penting, untuk memudahkan orang menemukan akun kita atau untuk pengenalan Brand kita di sosial media.

Sesuai dengan artinya, username = nama pengguna.

Berarti kita siapkan nama kita sebagai pengguna akun tersebut, sekaligus menerangkan apa yang kita jual.

Misal :
@zonaonfashion
Zona adalah nama tokonya.
Fashion adalah jenis barang yang dijualnya.

@vanillahijab
Vanilla adalah nama brand nya
Hijab adalah jenis produk yang dijualnya.

Atau bisa juga seperti :
@kaoskaosgrosir
Tidak menyebutkan nama toko atau nama brand, tapi disitu jelas memberi tahu bahwa dia husus jual kaos grosir.

👉Sehingga ketika orang mendengar username tersebut,orang tersebut tau bahwa akun ini jualan apa.

MELENGKAPI PROFIL

Apa saja yang perlu dicantumkan pada Bio?

Biodata yang tercantum dalam akun Instagram kita, haruslah lengkap.
Karena disana kesan sebagai online shop yang terpercaya juga harus ada.

Bio Instagram yang baik adalah yang menampilkan contact person secara detail, sehingga mempermudah calon pembeli untuk menghubungi online shop kita.

Berikut beberapa bagian penting yang harus dicantumkan dalam profil Instagram :

1. Username
Seperti yang sudah dibahas di poin sebelumnya.

2. Profil Picture
Tampilkan profil picture yang menarik, bisa berupa foto produk atau logo toko / logo brand. Dan kalo bisa gunakan gambar yang berlawanan dengan background Instagram supaya lebih menonjol.

3. Nama toko
Seperti yang sudah dibahas di poin sebelumnya.

4. Biodata
Tampilkan bio lengkap dan sedetail mungkin.

5. Website
Kolom website ini, kalo kita belum memiliki website, bisa juga diisi dengan link chat LINE/WA, sehingga kita bisa arahkan mereka untuk tinggal klik link tersebut jika mau order.

Tampilan jadinya seperti di bawah ini :

Adapun step step pengisiannya seperti berikut :
Terlebih dahulu KLIK SUNTING PROFIL ANDA

Biodata tersebut bisa diedit sesuai kebutuhan.

PENGATURAN AKUN

Haruskah di privat mode?

Untuk akun Instagram yang belum dialihkan ke profil bisnis memang ada pilihan, apakah akun kita mau di privat atau tidak.

Beda dengan akun Instagram bisnis, yang sama sekali tidak bisa di privat.

Seberapa perlunya akun kita di privat atau tidak ?

Jawabnya tergantung, apa tujuan hasil yang kita inginkan.

Kalo kita mengharapkan order
Maka akun kita sebaiknya jangan di privat.

Karena ketika orang mencari sesuatu dengan hastag (#) atau dengan jenis toko yang kita punya , maka akun Instagram kita akan ikut serta muncul dalam pencarian mereka, meskipun mereka belum follow kita.

Tetapi jika akun kita di privat,
Mereka tidak akan menemukan akun Instagram kita, kecuali mereka sudah follow akun kita.

Kelebihan akun tidak diprivat,
Kemungkinan dapet order meski follower tidak bertambah.

Nah ..lalu, apa kelebihannya jika akun kita di privat ?

Kalo kita mengharapkan nambah follower,
Sebaiknya akun kita di privat.

Cara di privat ini, biasanya banyak orang lakukan saat mereka sedang melakukan promosi.

Tujuannya, supaya ketika ada orang yang mau kepoin akun kita, mau ga mau mereka harus follow kita dulu.

Tapi apa iya, kalo akun kita di privat orang pasti follow kita?
Ada beberapa hal yang bikin orang penasaran dan akhirnya mau follow akun kita saat di privat.
Misalnya :
- Display profil yang menarik.
- Profil yang bikin orang penasaran (di biodata bisa di edit, misal bikin promo Follow dulu dapat Give away misalnya.

Hal hal seperti ini biasanya, suka bikin Orang kepo dan lalu follow.

Jadi..
Mau di privat atau tidak, itu tergantung kebutuhan dan tujuan kita seperti apa.

Solusinya bisa dengan sistem tutup - buka (saat tertentu di buka, dan saat tertentu di privat sesuai kebutuhan)

Cara buka tutupnya :
1. Klik titik 3 yang ada di pojok kanan atas.

2. Geser ke kanan / kiri bagian akun privat.
Kalo berwarna biru, artinya akun kita di privat.

Oke. Materi hari ini cukup ya... Silakan diaplikasikan di Akun masing-masing. Pertanyaan kita bahas di grup ya... ^_^

Terima Kasih.