MENTAL SEORANG PEBISNIS

Mungkin ada yang bertanya, kita ini mau belajar tentang dropship kan? Koq malah ngebahas tentang mental?

Yup!

Sengaja materi di hari pertama ini, saya membahas mengenai mental seorang pebisnis.  Kenapa? Karena menurut data statistik salah satu situs bisnis luar negeri menyebutkan hampir 73% pebisnis gagal dalam bisnisnya karena mental yang salah.  Atau lebih tepatnya mindset yang salah.

Dan ini juga dibahas di salah satu buku karya guru saya yang berjudul 7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula.  Dimana 4 dari 7 kesalahan yang beliau jabarkan, semuanya berhubungan dengan mindset (pola piker).  Yakni, suka ikut-ikutan, ingin cepat, banyak gaya dan yang terakhir mudah hutang.

Kenapa saya katakan bahwa sifat-sifat tersebut diatas erat kaitannya dengan mindset yang bisa menghancurkan bisnis?

  1. Suka Ikut-Ikutan

Misalnya, saat Ini Anda sedang memulai bisnis dengan sistem dropship.  Tapi masih bingung mau menjual apa? Nah, orang yang memiliki mental suka ikut-ikutan, cenderung akan meniru apa yang dilakukan oleh orang terdekatnya.

Ketika Anda melihat teman Anda yang berjualan gamis laris manis dan sukses, maka Anda akan mengikutinya.  Namun, ketika Anda merasa gagal, Anda akan menengok kearah lain dan melihat hal apa lagi yang bisa Anda tiru.

Hari ini jualan gamis karena dipikir jualan gamis bakalan laris seperti temannya.  Tapi, bisa jadi besok akan berubah jadi jualan sabun, karena dirasa temannya yang lain lebih sukses hanya dengan berjualan sabun.  Paham ya?

  1. Ingin Cepat

Ini nih yang paling dimiliki oleh pebisnis yang baru merintis.  Khususnya para dropshiper pemula.  Mental buru-buru alias pengen cepat sukses, pengen cepet berhasil dan pengen cepet kaya selalu jadi hal terbesar yang justru malah menghambat.

Namanya sukses itu berproses.  Nggak bisa instant.  Lha wong mie instant aja mesti direbus dulu baru bisa dimakan.  Masak iya Anda yang baru akan mulai berbisnis udah buru-buru pengen sukses dan kaya?

Jangan ya… Nikmati saja prosesnya… Insya Allah kalo kita mau berproses, sukses akan dengan mudah menghampiri.  Setuju?

  1. Banyak Gaya

Mental ini mudah-mudahan nggak ada dihati Anda ya Sobat! Sekalipun udah berhasil dan sukses, usahakan tetap bersikap biasa.  Low profile lah istilahnya.  Biasanya, yang banyak gaya itu yang omsetnya masih recehan.  Dan saya yakin, Anda yang di grup ini adalah calon pebisnis dropship yang beromset jutaan bahkan miliaran.  Aamiin…

  1. Mudah Hutang

Nggak cuma hutang duit.  Tapi juga hutang waktu.  Alias suka nunda-nunda.  Kalo bisa dikerjakan sekarang, kenapa harus nunggu besok? Bukankah lebih cepat lebih baik? Nah, mental ini juga kudhu dan wajib dihilangkan pada diri calon pebisnis.  Supaya apa? Supaya ketika sedang berproses, pebisnis bisa lebih fokus dan nggak suka nunda-nunda.  Sepakat?

Itu tadi 4 mindset/mental yang harus Anda hilangkan untuk bisa sukses jadi pebisnis dengan sistem dropship.  Tapi, ada satu lagi yang ingin saya tambahkan.  Mental ini kebetulan lagi booming di kalangan Olshoper.  Yakni, mindset Baperisme.

Yup! Jadi pebisnis itu nggak boleh baperan.  Kalo ada pembeli yang PHP atau CLBK (Chat Lama Beli Kagak), ya nggak usah baper.  Apalagi sampe nulis di facebook “Udah tanya banyak, dihitungin ongkirnya, lha koq nggak jadi beli.  Sakitnya tuh disini!”

Sering tuh saya lihat di timeline FB saya, olshoper yang masih suka baper dan nulis status kayak gitu.  Memangnya kalo udah nulis kayak gitu, bakalan terhindar dari pembeli yang PHP? Nggak kan? Yang ada justru calon pembeli bakal takut untuk sekedar tanya produk ke kita.  Khawatir bakalan kena syndrome baperisme si pembeli di medsos.  Ampuuuunnnn…!!!

Nah, supaya saya yakin kalo semua yang ada di grup ini sedang berproses dan siap mental untuk menjadi seorang pebisnis, saya ingin Anda menjawab pertanyaan berikut :

KENAPA ANDA INGIN BERBISNIS DROPSHIP???

Jawabannya boleh dishare di Grup ya… Kasih Nama juga biar saya tau siapa aja yang lagi nyimak materi malam ini! Setuju? Saya tunggu jawabannya di Grup!